Abstract

Salah satu komponen penting dalam sebuah system pendidikan adalah mahasiswa yang sedang mengikuti proses perkuliahan. Salah satu indicator keberhasilan mahasiswa dapat dilihat dari nilai Indeks Prestasi (IP) yang diperoleh pada tiap semester. Besar kecilnya nilai IP tergantung dari tingkat kelulusan sebuah mata kuliah. Banyak yang bisa menyebabkan mahasiswa gagal dalam sebuah mata kuliah, sehingga perlu dicari akar permasalahan utama yang kemudian dapat menentukan solusi perbaikan terhadap kondisi tersebut.


Dalam penelitian ini, objek yang dijadikan bahan penelitian adalah system perkuliahan mahasiswa di Program Studi Teknik Industri dengan mengambil studi kasus khusus angkatan 2014 yang saat ini menjadi angkatan yang sudah masuk ke dalam tahun akhir perkuliahan. Dengan melihat kartu hasil studi dari tiap mahasiswa 2014 dari mulai semester awal, maka diharapkan dapat diketahui jenis mata kuliah yang tingkat ketidak lulusannya besar. Kemudian akan ditentukan prioritas perbaikan yang dapat dilakukan oleh mahasiswa dan program studi untuk dapat mengatasi permasalahan ini.


Permasalahan yang sering terjadi adalah mahasiswa sering mengalami ketidak lulusan terhadap beberapa mata kuliah yang diajarkan. Hal ini bisa menghambat kegiatan akademik yang ada di program studi, karena diantaranya harus mengatur jumlah kelas untuk mahasiswa yang mengulang. Selain itu, semakin besar persentasi mahasiswa yang tidak lulus, maka akan menghambat mahasiswa tersebut untuk dapat lulus tepat pada waktunya.


Hasil dari penelitian menyatakan bahawa terdapat dua mata kuliah yang dianggap paling sering mengalami ketidaklulusan oleh mahasiswa angkatan 2014 yaitu mata kuliah Pengendalian dan Penjaminan Mutu dan Pemodelan Sistem.Dalam penelitian ini telah dibuatkan worksheet FMECA yang memberikan informasi penyebab kegagalan mahasiswa dalam sebuah perkuliahan serta akan ditentukan bagaimana solusi perbaikannya sehingga mahasiswa dapat lulus tepat pada waktunya dan kegiatan akademik di Program Studi Teknik Industri di Universitas Komputer Indonesia dapat berjalan baik.