Abstract

  1. Grand Manufacturing Indonesia adalah perusahaan yang memproduksi produk spare part yang dihasilkan dengan berbagai macam produk spare part kendaraan roda dua. Perusahaan sangat membutuhkan adanya pengukuran waktu kerja yang tepat untuk menargetkan produksi yang dapat dijadikan salah satu tujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

 


Perusahaan akan menghadapi persoalan yang berhubungan dengan pencapaian permintaan konsumen agar terpenuhi, terkadang target yang ditetapkan tidak dapat terpenuhi karena kurang sesuai. Ketidakpastian waktu kerja yang berakibat tidak pastimya produk yang dihasilkan oleh perusahaan untuk memenuhi pemintaan, sedangkan konsumen meminta perusahaan memasok produk sekali pengiriman 3000-4000 per minggu terkadang  delapan hari baru terkirim dikarena belum mencapai target. Agar mendapatkan waktu yang sangat efektif dan efesien terhadap perusahaan.


 


Dalam penelitian ini pengukuran dengan metode work sampling digunakan untuk menghitung waktu baku, dan untuk menentukan faktor penyesuaian digunakan secara objektif. Beberapa langkah untuk memperoleh waktu baku dari satu siklus dari proses pembuatan saringan oli melakukan pengukuran, penentuan faktor kelonggaran dan menghitung waktu siklus serta waktu normal. yang dihasilkan operator serta waktu penyesuaian selama waktu operator bekerja dan waktu baku dari setiap operasi”kerja.


 


Hasil penelitian menunjukan waktu”baku”total”adalah 198,77”detik”(3,31menit). Hasil untuk”simulasi dari ”promodel ”menujukan ” produk yang dihasilkan adalah 373 perhari sedangkan target perusahan dalam satu minggu 3000-4000 satu kali pengiriman sehingaa tidak bisa memenuhi waktu yang ditetapkan oleh konsumen. Perusahan harus segera” mengambil keputusan” untuk” memperbaiki”  lantai produksi”dan”adanya evaluasi kerja”operator agar”target”produksi tercapai.