Abstract

Peningkatan kualitas jasa semakin mendapat banyak perhatian perusahaan. Dengan
adanya peningkatan kualitas jasa yang baik maka akan menimbulkan loyalitas konsumen
bahkan berkemungkinan besar untuk menarik konsumen baru. Kelangsungan hidup
sebuah perusahaan bergantung pada kepuasan para konsumen dan kepuasan bisa
tercipta apabila perusahaan dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen.
Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebar kuesioner secara 2 tahap yaitu kuesioner
awal untuk mengetahui suara konsumen mengenai fasilitas kegiatan akademik serta
kuesioner akhir yang disebar secara online untuk mengukur sejauh mana mahasiswa
merasakan fasilitas kegiatan akademik yang diberikan dan mengukur seberapa penting
fasilitas kegiatan tersebut. Kuesioner disebar ke setiap program studi yang ada di Fakultas
Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia. Penelitian ini dilakukan
dengan menggunakan metode service quality yang menggunakan 5 dimensi service
quality yaitu keandalan, daya tanggap, jaminan, empati serta bukti fisik. Penelitian ini
difokuskan pada Gap 5 yaitu tentang jasa yang dipersepsikan dengan jasa yang
diharapkan. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa terdapat 20 pernyataan kebutuhan
mengenai fasilitas kegiatan akademik. Setelah dilakukan pengukuran antara harapan
dengan persepsi yang dirasakan masih terdapat kesenjangan atau ketidaksesuaian
antara fasilitas kegiatan akademik yang diharapkan dengan fasilitas kegiatan yang
diberikan.
Apabila Universitas Komputer Indonesia meningkatkan pelayanan akan fasilitas kegiatan
akademik, maka hal tersebut akan meningkatkan kepuasan mahasiswa. Peningkatan
pelayanan fasilitas kegiatan akademik diantaranya adalah memperbaiki fasilitas yang
rusak seperti infokus, AC, serta komputer yang rusak. Memperbaiki jaringan internet wifi
dan menyediakan fasilitas yang belum ada yang dibutuhkan mahasiswa seperti pusat
student center, pusat pengaduan mahasiswa terhadap pelayanan fasilitas kegiatan
akademik serta halaman website bagi orang tua untuk memonitoring perkembangan
akademik dan keuangan anaknya.