Abstract

Peningkatan kualitas jasa semakin mendapat banyak perhatian perusahaan. Denganadanya peningkatan kualitas jasa yang baik maka akan menimbulkan loyalitas konsumenbahkan berkemungkinan besar untuk menarik konsumen baru. Kelangsungan hidupsebuah perusahaan bergantung pada kepuasan para konsumen dan kepuasan bisatercipta apabila perusahaan dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen.Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebar kuesioner secara 2 tahap yaitu kuesionerawal untuk mengetahui suara konsumen mengenai fasilitas kegiatan akademik sertakuesioner akhir yang disebar secara online untuk mengukur sejauh mana mahasiswamerasakan fasilitas kegiatan akademik yang diberikan dan mengukur seberapa pentingfasilitas kegiatan tersebut. Kuesioner disebar ke setiap program studi yang ada di FakultasTeknik dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia. Penelitian ini dilakukandengan menggunakan metode service quality yang menggunakan 5 dimensi servicequality yaitu keandalan, daya tanggap, jaminan, empati serta bukti fisik. Penelitian inidifokuskan pada Gap 5 yaitu tentang jasa yang dipersepsikan dengan jasa yangdiharapkan. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa terdapat 20 pernyataan kebutuhanmengenai fasilitas kegiatan akademik. Setelah dilakukan pengukuran antara harapandengan persepsi yang dirasakan masih terdapat kesenjangan atau ketidaksesuaianantara fasilitas kegiatan akademik yang diharapkan dengan fasilitas kegiatan yangdiberikan.Apabila Universitas Komputer Indonesia meningkatkan pelayanan akan fasilitas kegiatanakademik, maka hal tersebut akan meningkatkan kepuasan mahasiswa. Peningkatanpelayanan fasilitas kegiatan akademik diantaranya adalah memperbaiki fasilitas yangrusak seperti infokus, AC, serta komputer yang rusak. Memperbaiki jaringan internet wifidan menyediakan fasilitas yang belum ada yang dibutuhkan mahasiswa seperti pusatstudent center, pusat pengaduan mahasiswa terhadap pelayanan fasilitas kegiatanakademik serta halaman website bagi orang tua untuk memonitoring perkembanganakademik dan keuangan anaknya.