PENGENALAN DAN PENINGKATAN LITERASI TEKNOLOGI AI (ARTIFICIAL INTELEGENCE) BAGI SISWA SMA NEGERI 7 BEKASI

Authors

  • martina shalaty putri universitas mercu buana

DOI:

https://doi.org/10.34010/icomse.v6i2.13532

Keywords:

kecerdasan buatan, artificial intelligence, pendidikan, penyuluhan

Abstract

Literasi digital, termasuk kemampuan menggunakan teknologi seperti kecerdasan buatan (AI), semakin penting dalam pendidikan untuk mempersiapkan siswa menghadapi dunia digital. Di SMAN 7 Bekasi, terdapat kesenjangan pemanfaatan literasi digital antara siswa dan guru. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital dan pemanfaatan AI dalam pembelajaran melalui program penyuluhan dan evaluasi. Program penyuluhan dilakukan dengan pendekatan interaktif, mencakup pengenalan konsep dasar, aplikasi, dan etika AI dalam pendidikan. Evaluasi dampak penyuluhan menggunakan kuesioner dan analisis perubahan metode pengajaran. Hasilnya menunjukkan bahwa penyuluhan AI meningkatkan pemahaman dan penerimaan peserta terhadap teknologi ini. Penyuluhan tentang AI memberikan dampak positif, dengan materi yang dinilai relevan dan menarik. Peserta mengakui manfaat penggunaan tools AI seperti ChatGPT, Canva, dan Google Assistant dalam meningkatkan pengalaman belajar. Meskipun ada tantangan etika dan privasi, integrasi AI dalam pendidikan menawarkan pembelajaran yang lebih personal dan terarah. Integrasi AI dalam pendidikan berpotensi merevolusi pengalaman belajar siswa. Feedback positif dari peserta penyuluhan menunjukkan perlunya peningkatan integrasi teknologi AI dalam kurikulum sekolah, termasuk pelatihan bagi guru dan pengenalan lebih banyak alat AI. Penyelenggaraan penyuluhan semacam ini penting untuk memberikan pendidikan holistik yang mengembangkan keterampilan akademis, sosial, dan teknologi siswa.

Downloads

Published

2025-10-02