PEMBERDAYAAN UMKM MELALUI PENGEMBANGAN KOMPETENSI PUBLIC SPEAKING UNTUK PELAKU UMKM

  • Nungki Heriyati Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Komputer Indonesia
  • Asih Prihandini
  • Zainab Zahratunnisa Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Komputer Indonesia
Keywords: communication,, public speaking,, practice, MSME

Abstract

Perkembangan UMKM menjadi salah satu faktor yang menunjang pertumbuhan ekonomi dan memperluas penyerapan tenaga kerja di Indonesia. Salah satu faktor perkembangan UMKM adalah kemampuan berkomunikasi yang baik. Komunikasi menjadi alat untuk membangun kerja sama, memperluas jaringan, dan mempersuasi konsumen. Berdasarkan hal tersebut kegiatan pengabdian pada masyarakat untuk pemberdayaan kemampuan bicara depan publik untuk UMKM ini dilaksanakan. Pelaksanaan Pegabdian pada masyarakat ini bekerja sama dengan INBISCOM UNIKOM, Ikatan Pengusaha Muslimah, PPUMI, dan PUSPA. Metode yang dilakukan dalam pelatihan berbicara depan umum ini adalah ceramah dan praktik. Metode ceramah dilakukan untuk memberikan pengetahuan struktur dan persiapan yang perlu dilakukan sebelum berbicara di depan umum. Bentuk persiapan adalah pelatihan pembuatan skrip dan juga kata-kata yang lazim digunakan ketika berbicara di depan umum. Selanjutnya praktik untuk menerapkan semua persiapan yang telah dilakukan. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri peserta dalam berbicara di depan umum. Hasil dari program ini menunjukkan bahwa peserta akan lebih berani untuk mencoba ketika mereka memiliki format pada saat berbicara, yang selanjutnya dapat diimprovisasi untuk meningkatkan kemampuan berbicara.

References

[1] Suci, Y. R., Tinggi, S., & Ekonomi, I. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Indonesia. Jurnal Ilmiah Fakultasi.
[2] Rismawati, Y. V. (2009). Profil Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Kenongorejo, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun. 7—10. https://doi.org/10.15957/j.cnki.jjd1.2009.07.004
[3]Siaran Pers. Kementrian Koordinator Perekonomian Republik Indonesia. Perkembangan UMKM sebagai Critical Engine Perekonomian Nasional terus mendapatkan Dukungan Pemerintah. Diakses dari https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4593/perkembangan-umkm-sebagai-critical-engine-perekonomian-nasional-terus-mendapatkan-dukungan-pemerintah#:~:text=Peran%20UMKM%20sangat%20besar%20untuk,total%20penyerapan%20tenaga%20kerja%20nasional.
[4] Kulsum, Nieke Monika. 2017. Public Speaking. Jakarta: Universitas Nasional.
[5] Arie, DJ. 2016. Enjoy Public Speaking. Bandung: PT. Roda Publika Kreasi
[6] Mendel, Kent & Carrel, Lori . 2015. The relationship between preparation and performance in Public Speaking. In Communication Education. Vol 43. University od Montana.
[7] Travis, Eryn. 2019. Drawing students into public-speaking success, Communication Teacher. DOI: 10.1080/17404622.2019.1628995
[8] Bailey, Erika. 2018. A Historical View of the Pedagogy of Public Speaking. Voice and Speech Review, DOI: 10.1080/ 23268263.2018.1537218
[9] Prihandini, Asih, Heriyati, Nungki, Putra, Shiva D. 2022. Public Speaking Training Method for Disseminating Information and Persuasion for MSMEs in West Java. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari (JPMB). Vol. 1, No. 9, 2022: 965-976
[10] Siswanto, Wahyudi. 2021. Public Speaking: Seni Berbicara. Malang: Selaksa Media.
Published
2023-05-11