PENGEMBANGAN MEDIA SOSIAL EMAKI AL-MA’SOEM

STRATEGI PEMASARAN DIGITAL

  • Mia Rahmawati Yuwita Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Komputer Indonesia
  • Rizki Taufik Mustika Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Komputer Indonesia
  • Fatimah Huwaidah Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Komputer Indonesia
Keywords: pemasaran digital, kemampuan digital, media sosial, Emaki Al-Ma’soem, brand

Abstract

Pada era sekarang, industri pemasaran tentunya harus mengikuti arus teknologi yang sangat pesat. Oleh karena itu, pemanfaatan pemasaran digital harus dipertimbangkan dengan cermat karena manfaat pemasaran digital adalah dapat mengoptimalkan audiens dan hemat biaya. Tujuan dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah untuk membantu Emaki Al-Ma’soem sebagai masyarakat mitra untuk mengelola akun media sosial mereka. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan social media engagement mereka dan membuat konten konten yang menarik. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah diskusi tatap muka dan pembuatan konten di Emaki Al-Ma’soem mulai dari 1 Maret 2022 hingga 31 Agustus 2022. Peserta dari program ini adalah Tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Komputer Indonesia, serta General Manager Emaki Al-Ma’soem. Hasil dari program ini menunjukkan bahwa Tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Komputer Indonesia telah menghasilkan produk-produk digital yang selanjutnya diunggah di akun media sosial milik Emaki Al-Ma’soem dan memberikan dampak penambahan jumlah followers Instagram. Keterampilan digital ini diperoleh secara komprehensif dari beberapa mata kuliah di Program Studi Sastra Inggris, seperti linguistik, Blogging, dan menulis kreatif. Secara keseluruhan, kegiatan ini telah memfasilitasi Emaki Al-Ma’soem untuk memperkuat brand building dan menjangkau audiens yang lebih luas serta lebih tepat sasaran.

References

[1] Heidrick and Struggles, The Adoption Of Digital Marketing In Financial Services Under Crisis. UK: Butterworrth-Heinemann, 2009.
[2] R. Sanjaya and J. Tarigan, Creative Digital Marketing: Teknologi Berbiaya Murah, Inovatif, Dan Berdaya Hasil Gemilang. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2009.
[3] A. P. Wati, J. A. Martha and A. Indrawati, Digital Marketing. Malang: Edulitera, 2020.
[4] L. Lievrouw, Alternative And Activist New Media. Cambdrige: Polity Press, 2011.
[5] G. Creeber and R. Martin, Digital Cultures: Understanding New Media. Berkshire-England: Open University Press, 2009.
[6] Mondry, Pemahaman Teori dan Praktek Jurnalistik. Bogor: Ghaila Indonesia, 2008.
[7] J. W. Vincent, “Community development practice” in An Introduction to Community Development, R. Phillips and R. H. Pittman, NY: Routledge, 2009, pp 58-70.
Published
2022-09-13