PENGEMBANGAN TAMPILAN VIDEO COMPANY PROFILE EMAKI AL MA’SOEM TADABBUR ALAM

Program Pendampingan bagi Emaki Al Ma’soem Tadabbur Alam, Bandung

  • Retno Purwani Sari Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Komputer Indonesia
  • Fanny Dewi Yulianti Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Komputer Indonesia
  • Rifky Iqbal Pamungkas
Keywords: tampilan video, video company profile, media promosi, digital marketing

Abstract

Tampilan video (video representation) diargumentasikan memiliki potensi besar untuk menarik perhatian calon pelanggan. Pengembangan tampilan video dan desain video company profile merupakan tujuan Program Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat yang berbentuk kegiatan pendampingan ini. Karya tulis ilmiah difokuskan pada pengembangan model tampilan video company profile Emaki Al Ma’soem Tadabbur Alam, Lembang Bandung. Pada proses pengembangannya, diimplementasikan metode Siklus Pengembangan Multimedia (Multimedia Development Life Cycle, MLDC) dari Luther-Sutopo. Marketplace, tren, target pasar dan hasil penelitian customer engagement adalah materi yang dipertimbangkan untuk menentukan cara konten video ditampilkan. Perancangan video company profile itu sendiri menggunakan aplikasi VN Video Editor Maker. Video company profile yang merupakan luaran Program Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat dari tim dosen-mahasiswa Program Studi Sastra Inggris UNIKOM, dipublikasikan di kanal YouTube Emaki Al Ma’soem Tadabbur Alam. Tahap pertama evaluasi performa video company profile Emaki Al Ma’soem Tadabbur Alam, menunjukkan bahwa tampilan video company profile berhasil menarik perhatian penonton dan mereka engage dengan konten yang diberikan. Video company profile berpotensi menjadi media promosi digital Emaki Al Ma’soem Tadabbur Alam.

References

[1] A. Zakkiyah, “Menuju Equilibrium Pemasaran Tradisional dan Digital Saat Pandemi”, 24 Mei 2022. [Online]. Tersedia: https://money.kompas.com/read/2022/05/24/141435326/menuju-equilibrium-pemasaran-tradisional-dan-digital-saat-pandemi?page=all#page1 [Diakses: 27 Mei 2022].
[2] Jurnal Entrepreneur, “Pengertian, Kelebihan, Jenis dan Strategi Digital Marketing”, Jurnal Entrepreneur, 2022. [Online]. Tersedia: https://www.jurnal.id/id/blog/mengenal-digital-marketing-konsep-dan-penerapannya/ [Diakses: 25 Juni 2022].
[3] P. Lestari, dan M. Saifuddin, “Implementasi Strategi Promosi Produk dalam Proses Keputusan Pembelian melalui Digital Marketing saat Pandemi Covid’19”, Jurnal Manajemen dan Inovasi, MANOVA, vol. 3, no. 2, 2020. [Edisi Online]. Tersedia: http://jurnalfebi.uinsby.ac.id/index.php/MANOVA/article/view/301. [Diakses: 20 Juni 2020].
[4] R.P., Sari, “The Interaction of User Experiences with Digital Economy Platforms and Creative Writing: Empirical Evidence from Indonesia", Journal of Eastern European and Central Asian Research, JEECAR, vol 9, no. 1, 2022. [Online]. Tersedia: https://www.ieeca.org/journal/index.php/JEECAR/article/view/868. [Diakses: 11 Maret 2022]
[5] D.E. Valentino, dan M.J. Hardiansyah, “Perancangan Video Company Profile pada Hotel de Java Bandung”, Tematik: Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi, vol. 7, no. 1, 2020. [Online]. Tersedia: https://jurnal.plb.ac.id/index.php/tematik/article/view/285. [Diakses: 3 Juli 2022].
[6] T. Wibowo, dan M.M. Febriany, “Perancangan dan Pengembangan Video Company Profile PT. Dua Utama Jaya”, Dalam Proc. Conference on Business, Social Sciences and Technology, 2021, hal. 655-661.
[7] A.P. Hadi, “Desain Video Company Profile untuk Promosi”, Universitas STEKOM, 2020. [Online]. Tersedia: http://komputer-grafis-d3.stekom.ac.id/informasi/baca/DESAIN-VIDEO-COMPANY-PROFILE-UNTUK-PROMOSI/5abe5bad27027ece534d1af5ec05665aca497644. [Diakses: 3 Juli 2022].
[8] T. Tawami, dan R.P. Sari, “Pemanfaatan Media Digital sebagai Strategi Pemasaran: Program Pendampingan bagi Hotel Penataran Kediri”, Jurnal Pengabdian Bidang Sosial dan Humaniora, ABSAH, vol. 1, no. 1, 2022. [Online]. Tersedia: https://ojs.unikom.ac.id/index.php/absah/article/view/6490. [Diakses: 5 Mei 2022]
[9] A.Y.G. Puspa, dan A. Jatisidi, “Perancangan UI (User Interface) Company Profile Berbasis Aplikasi Android sebagai Media Pengenalan PT. Machara Konstruksitama”, PANTAREI, vol. 3, no. 3, 2019. [Online]. Tersedia: https://jom.fikom.budiluhur.ac.id/index.php/Pantarei/article/view/415. [Diakses: 5 Mei 2022]
[10] N. Farida, dan Z. Wulansari, “Pembuatan Website Company Profile sebagai Sarana Penunjang Informasi dan Promosi di Masa COVID-19”, Pros. Hasil Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 2, no. 1, 2021, hal 264-271.
[11] C. Kalodikis, “Digital Representation of Data: Video”, Maret, 2020. [Online]. Tersedia: https://www.youtube.com/watch?v=UtfZZrUk2s4. [Diakses: 5 Juni 2022].
[12] R.P. Sari, C. Sobarna, E.T.S. Sujatna, dan N. Darmayanti, “Strategi Persuasif pada Tuturan Cerita Anak Berbahasa Inggris: Kajian Stilistika Pragmatik”, M.S. Dissertation, Universitas Padjadjaran, 2018.
[13] Inge, “12 Contoh Video Company Profile Terbaik Versi Soocaphoto”, soocaphoto.com, 28 April 2022. [Online]. Tersedia: https://www.soocaphoto.com/12-contoh-video-company-profile/ [Diakses: 5 Juni 2022].
[14] Aminudin, About Storyline. Bandung: Sinar Baru, 2017.
[15] N. Tuloli, Kajian Sastra. Gorontalo: BMT Nurul Jannah, 2000.
[16] S. Paez, Professional Storyboarding. Jakarta: Gramedia, 2016.
[17] J. Bazemer, dan G. Kress, “Writing in multimodal texts: A social semiotic account of designs for learning”, Written Communication, vol. 25, no. 2, 2008. [Online]. Tersedia: https://journals.sagepub.com/doi/abs/10.1177/0741088307313177. [Diakses 5 Mei 2022].
[18] L. Liu, dan M.T. Ozsu. (Eds), “Encyclopedia of database system”, Springer, [Dokumen Online], 2009. Tersedia: https://link.springer.com/referencework/10.1007/978-0-387-39940-9. [Diakses: 5 Mei 2022]
[19] R.P. Sari dkk, “Educational Game Development Based on Role Play Games for Students with Special Needs,” Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, vol. 14, no. 2, 2021. [Online]. Tersedia: http://tip.ppj.unp.ac.id/index.php/tip/article/view/445. [Diakses: 3 Juli 2022]
[20] B. Johnstone, “Linguistic strategies and cultural styles for persuasive discourse”, 1989. [Online]. Tersedia: https://kilthub.cmu.edu/articles/journal_contribution/Linguistic_Strategies_and_Cultural_Styles_for_Persuasive_Discourse/6469661. [Diakses: 4 April 2022]
Published
2022-09-13