PEMBUATAN VIDEO TUTORIAL KEGIATAN ORIGAMI UNTUK SISWA PAUD TERPADU RUMAH LEBAH KECAMATAN CIBIRU KOTA BANDUNG

  • Mohammad Ali
  • Soni Mulyawan Setiana
Keywords: Origami, Tutorial, PAUD, Video

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk menghasilkan video tutorial origami yang akan digunakan oleh mitra sebagai media pembelajaran. Pencapaian tujuan tersebut dilakukan dengan cara menganalisis kebutuhan siswa PAUD terkait keterampilan melipat, melakukan Pengumpulan data dengan studi pustaka sesuai kebutuhan siswa PAUD untuk merancang konsep multimedia, membuat multimedia, melakukan uji coba, dan terakhir melaksanakan evaluasi terhadap multimedia yang telah diuji cobakan guna penyempurnaan. Hasi penelitian menunjukkan bahwa kegiatan PKM berlangsung dengan baik dan lancar. Program ini mampu menghasilkan 16 video tutorial origami yang mengajarkan keterampilan melipat sederhana dengan tujuan untuk mengasah keterampilan motorik halus peserta didik. Kendala-kendala yang muncul pada tahap penelitian dan penulisan hasil penelitian dapat diatasi dengan kerja sama yang baik antara pihak-pihak terkait yang dilakukan secara daring maupun luring. Saran yang dapat diajukan dari hasil program PKM, bagi guru-guru PAUD diharapkan dapat memanfaatkan video tutorial origami ini untuk pembelajaran keterampilan melipat, khususnya pada masa pandemi ini. Bagi DP2M UNIKOM hendaknya selalu menjembatani program sejenis untuk terus dapat dilaksanakan dan dikembangkan.

References

[1] Harianti, D. (2003). PENDIDIKAN PRASEKOLAH Siapa, Mengapa, dan Bagaimana? Makalah disampaikan dalam soft opening Taman Bocah PreSchool, Yogyakarta, 11 Oktober 2003
[2] Sumantri, M. (2007). Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Filsafat, Teori, dan Praksis Ilmu Pendidikan. Bandung: UPI Press. ISBN 978-979-3786-13-1 halaman 447-454
[3] Kemdikbud. (2015). Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat
[4] Syaodih, E. (2007). Pendidikan Anak Usia Dini. Filsafat, Teori, dan Praksis Ilmu Pendidikan. Bandung: UPI Press. ISBN 978-979-3786-13-1 halaman 241-253
[5] Solehuddin, Hatimah, I. (2007). Pendidikan Anak Usia Dini. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Penerbit Pedagogiana Press ISBN 978-979-16173-0-7. Halaman 1091-1111
[6] Permana, C. (2020). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dimasa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini Volume 2 Nomor 2 Juli 2020 e-ISSN: 2655-6561 http://jurnal.unw.ac.id:1254/index.php/IJEC
[7] Bappenas. (2014). Studi Strategi Pengembangan Anak Usia Dini di Indonesia. Tersedia:http://www.acdp-indonesia.org/wp-content/ uploads/2014/12/ ACDP-001-ECD-Indonesia.pdf
[8] Dodge, D.T, (2002) The Creative Curriculum for Preschool, ISBN 1- 879537-43- 5, Washington DC, Teaching Stratrgis Inc.
[9] Hyson, M., (2006) The Goal of Emotion- Focused Early Childhood Program. YC. Young Children, Washington : Nov. 2006, Vol. 61, Iss. 6 ; pg. 32,1 pgs
[10] Holliman, L (1996) The Complete Guide to Classroom Centers, California, Creative Teaching Press
[11] Fajirana, M. (2020). 5 Manfaat Origami Untuk Perkembangan Anak. Tersedia pada: https://www.fimela.com/parenting/read/4292017/5-manfaat-membuat-origami-untuk-perkembangan-anak
Published
2022-09-13