PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN

PROGRAM PENDAMPINGAN BAGI HOTEL PENATARANKEDIRI

  • TATAN TAWAMI Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Komputer Indonesia
  • RETNO PURWANI SARI Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Komputer Indonesia
Keywords: Media Digital, Hard Skills, Rekognisi Digital, Dunia Bisnis

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang berjudul Pemanfaatan Media Digital sebagai Strategi Pemasaran bertujuan untuk melatih implementasi keterampilan digital yang dipelajari ke dalam dunia bisnis sebagai bagian dari media pemasaran bisnis tersebut. Artikel ini secara khusus mengidentifikasi bagaimana literasi media, literasi komputer, literasi bahasa, lintas budaya, dan pengetahuan sastra bekerja sama untuk meningkatkan rekognisi digital suatu bisnis, khususnya untuk Hotel Penataran Kediri. Dalam pelaksanaannya, kegiatan dilakukan melalui metode diskusi interaktif secara daring. Program pendampingan ini berlangsung dari tanggal 16 Agustus hingga 16 November 2021, sedangkan diskusi daring dilakukan sebulan sekali sesuai kebutuhan. Program ini dihadiri oleh General Manager Hotel Kediri, tiga mahasiswa Program Studi Sastra Inggris, dan dua orang dosen ahli Program Studi Sastra Inggris. Program tersebut menghasilkan pembuatan Video Profil Perusahaan untuk Hotel Penataran Kediri, namun keterampilan digital yang diterapkan dalam pembuatan video tersebut diperoleh dari mata kuliah Blogging, Aplikasi Komputer untuk Desain Grafis, animasi dasar, dan mata kuliah gabungan linguistik dan sastra seperti menulis kreatif. Dapat dikatakan bahwa mata kuliah tersebut merupakan mata kuliah dasar yang menunjang peningkatan keterampilan lulusan di dunia usaha. Secara singkat. keterampilan digital yang dipelajari di Program Studi Sastra Inggris telah membantu mahasiswa dalam meningkatkan hard skill yang dibutuhkan dalam dunia bisnis.

Published
2022-01-25