Pelatihan Pemasaran Produk Melalui Marketplace Pada Diklat Marketing Online Bagi UMKM Di Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan Dan Perindustrian Indramayu

  • Stephanie Betha Rossi Hersanie Universitas Wiralodra
Keywords: E-commerce, Marketplace, Shopee

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat saat ini dapat memudahkan berbagai macam aktivitas manusia. Salah satunya adalah transaksi jual beli. Penjual dan pembeli dapat melakukan transaksi jual beli tanpa harus bertatap muka secara langsung. Hal ini disebabkan oleh semakin banyaknya e-commerce yang tumbuh di Indonesia. Salah satu bentuk e-commerce yaitu marketplace. Shopee merupakan salah satu jenis marketplace yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Era pandemi ini membuat pendapatan UMKM di Indramayu menurun drastis. Penyebabnya adalah turunya konsumsi masyarakat selama pandemi, hal ini disebabkan oleh adanya peraturan pembatasan tatap muka. Oleh karena itu, Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Indramayu bekerja sama dengan program studi Teknik Komputer Universitas Wiralodra mengadakan pelatihan pemasaran produk via marketplace, khususnya Shopee. Shopee diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif dalam meningkatkan pendapatan UMKM serta pelatihan ini diharapkan dapat memberikan solusi untuk UMKM agar lebih efektif dalam memasarkan produknya.

Key words: E-commerce, Marketplace, Shopee

Published
2022-01-23